Rabu, 04 Februari 2009

SENSOR

SENSOR

Pengertian Sensor
Sensor adalah komponen yang dapat digunakan untuk mengkonversi suatu besaran tertentu menjadi satuan analog sehingga dapat dibaca oleh suatu rangkaian elektronik. Sensor merupakan komponen utama dari suatu tranduser, sedangkan tranduser merupakan sistem yang melengkapi agar sensor tersebut mempunyai keluaran sesuai yang kita inginkan dan dapat langsung dibaca pada keluarannya.
Jenis – jenis sensor ;

Sensor suhu Thermocouple
Pada dunia elektronika Thermocouple adalah sensor suhu yang banyak digunakan untuk mengubah perbedaan panas dalam benda yang diukur temperaturnya menjadi perubahan potesial / tegangan listrik (voltase). Termocouple yang sederhana dapat dipasang, dan memiliki jenis konektor standar yang sama, serta dapat mengukur temperatur dalam jangkauan suhu yang cukup besar dengan batas kesalahan pengukuran kurang dari 1 °C.

IC Sensor (Integrated Circuit temperature sensor)
Ada 2 jenis IC sensor yang dapat dikelompokkan yakni ;
1-Seri LM34 : dalam skala Fahrenheit.
2-Seri LM35 : dalam skala Celcius.
Sensor Triger
Adalah sensor yang mengenali momen berbentuk bias berupa suara, gerak, kontak, maupun lintasan.
Sensor Asap AF30
Pada dasarnya prinsip kerja dari sensor tersebut adalah mendeteksi keberadaan gas-gas yang dianggap mewakili asap rokok, yaitu gas Hydrogen dan Ethanol. Sensor AF-30 mempunyai tingkat sensitifitas yang tinggi terhadap dua jenis gas tersebut. Jika sensor tersebut mendeteksi keberadaan gas-gas tersebut diudara dengan tingkat konsentrasi tertentu, maka sensor akan menganggap terdapat asap rokok di udara.

Sensor Kontak
Sensor kontak dapat kita buat secara manual, dengan prinsip ketika ada objek mengenai (menekan) sensor kontak (seperti bola lampu jatuh) maka ia akan terhubung, dan kabelnya kita bisa hubungkan ke lampu kilat atau ke penunda waktu dulu.

Sensor cahaya
Sensor cahaya adalah alat yang digunakan untuk merubah besaran cahaya menjadi besaran listrik. Prinsip kerja dari alat ini adalah mengubah energi dari foton menjadi elektron. Idealnya satu foton dapat membangkitkan satu elektron. Sensor cahaya sangat luas penggunaannya, salah satu yang paling populer adalah kamera digital.
Twilight Sensor
Atau Brightness sensor atau sensor cahaya. Biasa di gunakan untuk menghidupkan dan mematikan secara otomatis penerangan seperti lampu jalan, lampu teras atau lampu taman berdasarkan cahaya yang di terima. Jadi lampu nyala ketika gelap dan mati sendiri ketika matahari sudah bersinar. Bisa juga di setting kebalikannya. Sensitifitasnya juga bisa di atur.

Sensor Temperature
Sensor temperature digunakan sebagai system pengaman alat dari panas yang berlebihan maupun pengendali otomatis temperature ruangan.
Sensor Gelombang
Digunakan untuk mendeteksi gejala oseanografi seperti kenaikan tinggi gelombang pasang yang dapat menganggu lalu lintas perairan serta aktifitas nelayan. Sensor ini dapat diterapkan dalam pemakaian alat deteksi Tsunami.Dalam penerapannya, sensor ini membutuhkan buoy dan OBU yang merupakan komponen utama sistem peringatan dini Tsunami (Tsunami Early Warning System/TEWS).

Sensor CMOS dan Sensor CCD
Kedua sensor CCD (charge-coupled device) dan CMOS (complimentary metal-oxide semiconductor) berfungsi sama yaitu mengubah cahaya menjadi elektron. Sensor CMOS sangat jauh lebih murah untuk dirakit dibandingkan sensor CCD.
Sensor Panas Elektronik
Dengan menggunakan IC LM 335 adalah suatu rangkaian yang dapat bekerja secara otomatis untuk mendinginkan ruangan atau alat yang bertemperatur panas. Secara umum rangkaian sensor panas elektronik terdiri dari Blok Input menggunakan sensor elektronik yaitu IC LM 335 sedangkan pada Blok Proses terdiri dari dua bagian ; A) Bagian Pengendali dan (B) Bagian Pembanding dengan menggunakan komponen IC LM 723 CN dan pada Blok Output menggunakan transistor sebagai saklar elektronik dan relay sebagai saklar mekanik yang berfungsi untuk mengaktifkan kipas dengan arus dan tegangan AC agar dapat berputar.

Sensor Suara
Adalah sensor yang dapat memotret atau merekam objek yang bersuara keras seperti ; lampu pecah, balon meledak, pukulan bola tennis, golf, letusan peluru pistol, dsb. Data yang keluar dari sensor suara, dalam hal ini menggunakan sensor suara piezoelektrik, merupakan data sinyal yang umumnya bercampur dengan sinyal noise (sinyal yang tidak diharapkan).
Dikutip dari ; http://wilkipedia.org/wiki/Elektronika , http://www.fineprint.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar