Rabu, 04 Februari 2009

ZILOG 80

MICROPROSESOR
Z80



A. Latar Belakang
Mata kuliah Mikroprossesor adalah suatu mata kuliah yang mempelajari mengenai berbagai macam tipe - tipe dan pengelompokkan mikroprosessor yang didalamnya terdapat bermacam – macam register , interupsi dan operasi-operasi yang menggunakan pin-pin koneksi yang terdapat pada mikroprosessor tersebut.
Pada dasarnya sebuah mikroprossesor terdiri atas ; CPU (Central Processing Unit) yakni otak yang merupakan pengendali utama dari operasi yang ada pada system computer. Memory (Storage) yaitu media penyimpanan sebuah data atau instruksi. Port I/O adalah komponen yang digunakan untuk menghubungkan mikroprossesor dengan perangkat diluarnya. Bus system yaitu bus yang di dalamnya terdapat data, alamat dan kendali pada mikroprossessor.


1. Sejarah mikroprossesor zilog 80


Zilog 80 dirancang oleh Federico Faggin dengan Ralph Ungermann, pertama kali pada bulan Juli tahun 1976. Zilog Z80 adalah mikroprosesor yang berbasis 8-bit, dengan clock sebesar 2.5 MHz. Z80 ini cukup banyak mempengaruhi Intel 8080, mikroprossesor ini dibuat oleh Zilog, dan dikendalikan dengan menggunakan bahasa assembler berbasis Intel 8088. Perangkat ini bisa digunakan untuk pengontrolan dengan biaya yang relatif murah. Selain itu Z80 memiliki fiture dan instruksi yang sama seperti intel 8080 yakni mempunyai clock rate,memori addressing 20 bit ,kemasan dip array 40 bit dan fiture pemrograman tambahan lainnya.
Zilog Z80 diluncurkan pada tahun 1976 dan kemudian menjadi bagian dari perusahaan Exxon Corp. pada tahun 1980. Selain memproduksi microposessor, mereka juga membuat microcontroller, digital signal processor, peralatan komunikasi. Mikroprosesor zilog z80 ini juga telah diolah dan dihasilkan di Negara - negara Jerman timur, Romania Dan Perserikatan uni soviet. Mikroprosessor z80 memiliki ukuran bit data bus eksternal sebesar 16 bit yang dapat digunakan untuk mengakses ruang memori langsung yang terdiri atas 252 instruksi.
Mikroprosessor z80 menawarkan banyak peningkatan dibanding intel 8080, diantaranya ;

 Peningkatan instruksi termasuk manipulasi bit, block move, block I/O, dan pencarian byte - byte instruksi.
 Instuksi dan register indek IX dan IY yang baru.
 Dua file register terpisah, yang bisa dengan cepat diswitch, untuk mempercepat respon ke interrupt.
 Di dukung beberapa chip yang digunakan untuk clock dan hubungan langsung ke memori dan I/O.
 Power supply (arus tegangan) sebesar 5 Volt ( power supply Intel 8080 -5V/ +5V / +12V ).
 Sebuah phasa clock generator (Intel 8080 memerlukan dua phasa clock generator) .
 Tidak ada aliran sinyal multiplek ke data bus.
 Bisa digunakan untuk pengontrolan dengan biaya yang relatif murah

Z80 dengan cepat mengambil alih pemasaran Intel 8080, yang menjadi salah satu fektor Z80 menjadi cepat popular dipasaran adalah fiture tambahan dan komponen sirkuit yang selalu diperbaharui agar memudahkan pemakaian dengan DRAMs dan berbagai fiture lainnya yang didukung oleh beberapa chip pada system.
Sumber Artikel ; From Wikipedia, the free encyclopedia (http://wilkipedia.org) , Robert Wenzlaff, rwenzlaff@delphi.com , (http://dx.doi.org)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar